Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Printer Canon G2010 Tidak Bisa Ngeprint

 

Cara Mengatasi Printer Canon G2010 Tidak Bisa Ngeprint
Sumber/Pixabay.com

Mengalami masalah saat akan mencetak kertas dengan menggunakan printer tertentu memang terkadang hal ini kerap sekali di alami oleh beberapa orang, sehingga dengan kondisi ini tentu saja akan membuat pekerjaan kita menjadi tertunda. Mengalami berbagai masalah saat akan ngeprint memang sering terjadi sehingga kita perlu tau apa penyebab nya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Untuk jenis printer canon G2010 merupakan salah satu jenis printer yang cukup bagus dalam performanya akan tetap saat akan ngeprint terjadi kendala yang tak terduga seperti terjadi pada masalah mesinnya ataupun beberapa faktor lainnya yang menyebabkan anda tidak bisa ngeprint dengan menggunakan printer canon G2010 tersebut.

Pentingnya melakukan perawatan secara rutin agar printer tidak mengalami beberapa kendala yang kemungkinan bisa terjadi, sehingga dalam melakukan perawatan printer dalam jenis apa pun saya rasa sama, sehingga dalam penggunaan printer juga tidak sembarangan sehingga printer tidak cepat rusak. Untuk mengatasi printer canon G2010 yang tidak bisa ngeprint tentu bisa anda perbaiki dengan cara mengetahui penyebab mengapa printer tersebut tidak berfungsi sebagai berikut.

Penyebab Printer Canon G2010 Tidak Bisa Ngeprint

Kabel Printer

Pertama yang perlu kita cek mengapa printer tidak bisa ngeprint adalah bagian kabel yang terhubung antara printer dengan komputer/leptop. Jika kabel tersebut tidak terhubung dengan benar maka hal inilah yang bisa menyebabkan kondisi printer tidak bisa menyala maupun tidak dapat bekerja dengan baik. Pada kabel USB nya perlu anda cek kembali dan pastikan semua kabel sudah terhubung dengan benar.

Selain pada kabel anda juga perlu memastikan arus listrik. Jika tidak ada arus listrik maka printer tidak bisa di gunakan apa lagi untuk ngeprint, maka dari itu anda perlu memastikan arus listrik yang sudah terhubung dengan printer tersebut sehingga bisa menyala.

Benda Asing

Selain akibat dari pemasangan kabel yang tidak benar, maka kemungkinan kedua adalah adanya benda asing yang terdapat di dalam mesin, bisa saja benda tersebut mengganjal di dalam mesin sehingga saat proses ngeprint dengan menggunakan printer canon G2010 tersebut tidak bisa.

Untuk mengatasinya printer bisa anda buka dan lihat bagian dalamnya apakah terdapat benda yang semestinya tidak ada di dalam printer tersebut, jika ada maka bisa anda keluarkan karena benda asing tersebut bisa menjadi penyebab mengapa mesin tersebut tidak dapat berjalan seperti biasanya.

Driver Printer

Untuk penyebab lainnya adalah masalah pada driver, umumnya setiap jenis printer memiliki driver yang berbeda-beda, oleh karena itu anda perlu untuk mengecek kembali apakah ada masalah kepada driver printer G2010 tersebut. Untuk mengatasinya cukup anda lakukan uninstal dan anda install kembali sehingga dengan cara ini bisa memastikan apakah printer anda yang bermasalah tersebut di akibatkan oleh driver printer tersebut.

Roller Printer

Penyebab mengapa printer tidak bisa ngeprint adalah masalah pada roller nya atau karet penarik kertas, hal ini sangat umum sekali terjadi sehingga anda perlu cek kembali apakah roller nya bermasalah atau tidak. Untuk mengatasinya bisa anda ganti pada bagian tersebut, agar saat ngeprint data dalam menggunakan printer canon G2010 tersebut tidak mengalami masalah.

Cara Mengatasi Printer G2010 Tidak Bisa Ngeprint

Dalam mengatasi printer yang tidak bisa ngeprint tersebut sudah di jelaskan bahwa ada banyak sekali penyebabnya seperti pada poin-poin di atas, oleh karena itu untuk memperbaiki printer canon G2010 yang tidak bisa ngeprint tentu saja yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama cek kabel yang menghubungkan antara printer dan komputer/leptop
  • Cek arus listri yang dapat menghidupkan mesin printer canon G2010 tersebut
  • Memperbaharui driver yang sudah terpasang di komputer/leptop anda
  • Untuk memperbaiki bagian rollernya tentu saja yang pertama anda lepas bagian rollernya
  • Selain itu bagian karetnya juga di lepas
  • Langkah berikutnya ambil selotip dan lilitkan pada bagian rollernya tepat dibawah karet
  • Untuk melilitkan dengan selotip cukup anda gunakan sebanyak 2-3 lilitan
  • Setelah itu pasang kembali karet rollernya dan pasang kembali alat tersebut ke printer

Dalam menerapkan cara di atas tentu saja anda bisa memperbaiki kembali printer canon G2010 yang tidak bisa ngeprint, oleh karena itu jika masih tidak berfungsi lagi atau tidak bisa ngeprint anda bisa mencobanya lagi mulai dari poin pertama untuk memastikan apakah cara yang anda lakukan sudah benar, maka dari itu gunakan tips di atas dalam memperbaiki printer canon G2010 anda yang tidak bisa ngeprint tersebut bisa di gunakan sesuai dengan kondisi sebelumnya.

Inilah cara untuk mengatasi printer canon G2010 yang tidak bisa ngeprint, mudah mudahan informasi yang kami berikan dapat memberikan manfaat dalam memperbaiki printer canon G2010 anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Canon G2010 Tidak Bisa Ngeprint"