Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatasi Leptop Lemot Windows 10

 

Begini Cara Mengatasi Leptop Lemot Windows 10

Leptop yang sering di operasikan serta sudah menua umumnya akan mengalami kondisi tersebut, sehingga dalam keadaan ini akan menghambat pekerjaan kita saat menggunakan leptop tersebut. Oleh karena itu jika leptop anda sedang lemot saat di pakai atau pun saat di hidupkan berarti anda perlu memperbaiki dan melakukan perawatan agar performa leptop anda dapat beroperasi dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut tentu saja anda tidak perlu membeli baru karena masalah lemot pada leptop tentu saja dapat teratasi dengan mudah.

Meskipun leptop tersebut memiliki spek yang bagus serta dengan merek yang berkualitas tentu saja tetap akan mengalami masalah lemot pada leptop tersebut, oleh karena itu penggunaan leptop yang kurang perawatan tentu saja dalam hal ini juga dapat mengakibatkan leptop menjadi lemot serta sangat mengganggu pekerjaan saat sedang menggunakan leptop tersebut.

Leptop menjadi lemot hal tersebut dapat di tandai saat dalam proses penggunaan, seperti membuka aplikasi tertentu dengan durasi yang lama, selain itu juga leptop tidak nyaman saat di gunakan, selain itu juga usia leptop juga akan berpengaruh terhadap performa saat leptop tersebut di gunakan.

Selain itu juga ada beberapa settingan yang tidak tepat juga dalam hal ini dapat mengakibatkan leptop menjadi lemot, maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut tentu saja dapat anda lakukan dengan mudah yaitu cukup meminta bantuan kepada teman maupun keluarga yang mengetahui tentang leptop, namun jika anda sudah mengerti tentu saja langkah-langkah apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengatasi leptop lemot tentu saja dapat anda lakukan dengan cara berikut.

Cara Mengatasi Leptop Lemot

Menggunakan Aplikasi Standar

Leptop menjadi kebutuhan seseorang baik untuk di gunakan dalam bekerja ataupun untuk di gunakan sebagai alat menghibur seperti menonton dan bermain games di leptop. Dengan spek leptop yang tinggi tentu saja dalam hal ini tidak akan mempengaruhi kulitas leptop tersebut, akan tetapi leptop bisa saja akan menjadi lemot apa bila pemilik leptop tersebut memaksakan aplikasi tersebut terinstall di leptopnya, padahal kapasitas leptopnya tersebut tidak memadai sehingga dengan hal ini akan membuat leptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah leptop lemot tentu saja yang perlu anda lakukan adalah menginstall beberapa aplikasi sesuai standar leptop yang anda miliki, maka dari itu anda perlu menyesuaikan kemampuan leptop yang anda miliki tersebut seperti RAM dan memori.

Menggunakan Antivirus

Atnvirus menjadi bagian terpenting untuk menjaga kesehatan leptop anda, karena antivirus sendiri dapat menangkal malware yang bisa saja dapat merusak sistem operasi leptop anda. Maka dari itu untuk menjaga leptop tetap menjadi baik serta dapat terhindar dari malware tentu saja anda dapat memasang antivirus terbaik untuk di leptop anda tersebut.

Menambah Kapasitas RAM

Setiap jenis leptop maupun dengan merek produk tertentu tentu saja memiliki kondisi RAM yang berbeda-beda, maka dari itu sebelum membeli leptop anda perlu mempertimbangkan RAM yang di miliki oleh leptop tersebut, namun jika sudah terlanjur maka anda dapat menambahkan RAM pada leptop anda agar tidak lemot. Seperti yang kita ketahui bahwa RAM sangat berpengaruh besar terhadap sistem operasi leptop anda, maka dari itu jika RAM pada leptop anda rendah maka dengan hal ini bisa saja dapat mengakibatkan leptop menjadi lemot.

Umumnya RAM di setiap leptop tersebut mulai dari 2GB, 4 GB, 8 GBbahkan ada pula yang 16 GB. Untuk spek ram tersebut tentu saja sesuai dengan penggunaan atau kebutuhan oleh pengguna, bagi anda yang suka bermain game ataupun edit video maka yang sangat di rekomendasikan adalah ram yang berkapasitas 8-16 GB.

Uninstall Aplikasi

Memiliki banyak aplikasi di dalam leptop tentu saja dalam hal ini sangat menyenangkan, karena aplikasi tersebut merupakan suatu kebutuhan yang sering di gunakan, akan tetapi dengan banyak nya aplikasi yang terinstall di leptop tentu saja dalam hal ini dapat mengakibatkan leptop menjadi lemot karena kapasita penyimpanan pada leptop juga dapat berpengaruh pada drive C menjadi penuh.

Jika terlalu banyak aplikasi yang terdapat pada leptop tentu saja dalam hal ini akan membuat leptop menjadi lemot dan tentu saja sangat mengganggu sekali ketika anda sedang menggunakan leptop tersebut. Untuk mengatasi kondisi tersebut tentu saja anda perlu menghapus atau uninstall beberapa aplikasi agar kapasitas penyimpanan pada leptop tersebut dapat berkurang. Selain lemot pada leptop biasanya leptop juga akan mudah mengalami panas sehingga anda perlu mempertimbangkan beberapa aplikasi mana yang memiliki kapasitas tinggi yang perlu di uninstall tersebut.

Reset Ulang Windows

Leptop yang sudah lama atau menua umumnya hal ini dapat mempengaruhi kinerja hardware dan software, maka dari itu agar sistem operasi leptop lancar maka hal yang dibutuhkan adalah dengan cara reset ulang windows.

Menggunakan Cooling Pad

Salah satu penyebab mengapa leptop menjadi panas tentu saja anda tidak pernah menambahkan alat berupa pendingin mesin sehingga kondisi tersebut dapat menyebabkan leptop menjadi lemot serta mudah panas. Saat menggunakan leptop dengan durasi yang cukup lama maka dengan hal ini sangat wajar sekali leptop menjadi cepat panas dan lelet, sehingga untuk mengatasinya anda perlu menyiapkan perangkat tambahan agar mesin leptop tetap dingin.

Selain itu juga anda perlu melakukan perawatan yang rutin pada leptop anda dengan cara meremove beberapa data yang sekirang sudah tidak penting agar kapasitas penyimpanan pada leptop anda dapat berkurang. Selain itu juga anda dapat membersihkan leptop anda dari beberapa debu yang bisa saja dapat mempengaruhi performa leptop anda saat di gunakan.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengatasi Leptop Lemot Windows 10 "